Pengaruh Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X TSM di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Putming, Ikbal (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X TSM di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_IKBAL_PUTMING_15073017_5195_2019.pdf] Text
final_B1_9_IKBAL_PUTMING_15073017_5195_2019.pdf

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di kelas X TSM di SMK Muhammadyah 1 Padang. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah penerapan metode pembelajaran yang belum menuntut peran aktif siswa. Penggunaan model pembelajaran kooperatif diharapkan dapat meningkatkan peran aktif siswa didalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian pre experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM di SMK Muhammadyah 1 Padang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TSM 1 dan X TSM 2 dengan total keduanya 51 siswa. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest terlebih dahulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan nilai tes hasil belajar pretest dan posttest berupa soal objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Effect Size.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest masing-masing kelas yaitu KLS X TSM 1 sebesar 73,73 sedangkan kelas X TSM 2 sebesar 66,2, sehingga kelas X TSM 2 yang dijadikan kelas eksperimen karena siswa nya banyak yang tidak tuntas. Kemudian setelah diberikan posttest masing-masing kelas dengan nilai rata-rata yaitu KLS X TSM 1 sebesar 82,88 sedangkan kelas X TSM 2 sebesar 84,2. Dari perhitungan Effect Size, dimana Effect Size antara pretest dengan posttest KLS X TSM 1 sebesar 0,77 dengan kategori sedang, sedangkan KLS X TSM 2 sebesar 2,18 dengan kategori besar, artinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di kelas X TSM di SMK Muhammadyah 1 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:12
Last Modified: 08 Sep 2025 02:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23585

Actions (login required)

View Item
View Item