Hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alat Ukur Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Akbari, Ikbal (2014) Hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alat Ukur Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_IKBAL_AKBARI_74213_5772_2014.pdf] Text
final_B1_9_IKBAL_AKBARI_74213_5772_2014.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar mata pelajaran alat ukur siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Padang.
Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Padang Tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 124 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan ukuran sampelnya, jumlah sampelnya adalah 55 orang siswa. Data konsep diri siswa didapatkan melalui angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data hasil belajar siswa diambil dari nilai mid semester ganjil. Jenis analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM).
Hasil dari analisis data diperoleh bahwa konsep diri siswa di SMK Muhammadiyah 1 Padang kurang, perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik dikelas, angka koefisien korelasi yang didapat (r) = 0,400 lebih besar dari (r tabel) = 0,266 dan besarnya kekuatan hubungan dari kedua variabel adalah diperoleh (t) = 3,169 lebih besar dari (r tabel) = 2,008 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsep diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:12
Last Modified: 08 Sep 2025 02:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23584

Actions (login required)

View Item
View Item