Yasmaini, Novi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD 09 Labuhan Tanjak Pesisr Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NOVI_YASMAINI_1108376_5874_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_NOVI_YASMAINI_1108376_5874_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NOVI_YASMAINI_1108376_5874_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Peningkatan Hasil Belajar Siswa DPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pembelajaran masih berpusat pada guru, guru tidak membiasakan siswa untuk menemukan sendiri konsep belajar dan guru jarang membiasakan siswa dalam pemecahan masalah. Sehingga KKM belum tercapai. Penelelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan satu kali pada siklus II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV sebanyak 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Perencanaan, siklus I 75%, krteria baik, siklus II 93,75 %, kriteria sangat baik, meningkat 18,75%, b) Pelaksanaan pada aktivitas guru, siklus I 72,91% kriteria baik, dan siklus II 95,83% ktireia sangat baik, meningkat 22,62%. aktivitas siswa siklus I 72,91% kriteria baik, dan siklus II 95,83% ktireia sangat baik, meningkat 22,62%, c) Hasil belajar siklus I 73,38 kriteria baik, siklus II 85,04 dengan kriteria sangat baik, meningkat 11,66. Dapat disimpulkan, strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 09 Labuhan Tanjak.alam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Di Kelas IV SD 09 Labuhan Tanjak Pesisr Selatan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23583 |