Pengaruh Penambahan Zat Aditif Octane Boster Pada Bahan Bakar Premium Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Vario Tecno 110 cc

Akhbar, Tareq (2013) Pengaruh Penambahan Zat Aditif Octane Boster Pada Bahan Bakar Premium Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Vario Tecno 110 cc. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_Tareq_ Akhbar_ 13835_4035_2013.pdf] Text
final_B1_10_Tareq_ Akhbar_ 13835_4035_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor begitu pesat. Dengan
meningkatnya jumlah kendaraan akan berimbas terhadap penggunaan bahan bakar
yang tinggi, terutama bahan bakar fosil yang merupakan bahan bakar utama
kendaraan saat ini, padahal ketersediaan bahan bakar fosil terbatas dan tidak dapat
diperbaharui sehingga mengakibatkan meningkatnya harga bahan bakar non
subsidi, kemudian masalah lain yang ditimbulkan yaitu masyarakat lebih memilih
menggunakan bahan bakar yang bersubsidi meskipun bahan bakar tersebut tidak
sesuai dengan spesifikasi rasio kompresi kendaraan yang digunakan. Spesifikasi
rasio kompresi kendaraan saat ini menuntut penggunaan bahan bakar dengan
angka oktan yang lebih tinggi. Pada kenyataannya, tidak sedikit pengguna sepeda
motor yang seharusnya menggunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti
pertamax atau pertamax plus mengisi tangki bahan bakarnya dengan premium.Hal
ini tentu akan menimbulkan masalah, yakni terbakarnya bahan bakar tidak pada
waktunya. Efek yang ditimbulkan adalah menyebabkan meningkatnya polutan
pencemaran udara, sehingga menurunkan kualitas udara itu sendiri. Untuk
mengatasi kedua permasalahan di atas adalah dengan cara menambahkan zat aditif
octane boster pada bahan bakar premium. Zat aditif octane boster bekerja dengan
cara menyempurnakan proses pembakaran, sehingga dapat menurunkan kadar
emisi gas buang kendaraan. Tujuan dari penelitian ini melihat presentase
penurunan kandungan emisi gas buang yang dihasilkan ketika bahan bakar
ditambah zat aditif octane boster.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian
dilakukan pada tanggal 24 Mei 2013, dengan menggunakan Sepeda motor Honda
Vario Tecno 110 cc, tahun 2011, untuk pengujian konsumsi bahan bakar
dilakukan pada putaran mesin 1500 rpm, 1700 rpm, 1900 rpm, 2100 rpm dan
2300 rpm. Adapun sampel bahan bakar yang digunakan yaitu Premium, Premium
ditambah 1ml, 2ml,3ml dan 4ml zat aditif octane boster. Pengambilan data
penilitian dilakukan dua kali pada tiap-tiap sampel.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan bahan bakar premium
ditambah 1ml octane boster dapat menurunkan emisi gas buang karbon
monoksida (CO) sebesar 0.03 point atau sebesar 1.8 %, namun pada campuran
2ml, 3ml dan 4ml emisi gas karbon monoksida (CO) semakin meningkat. Untuk
emisi gas buang Hidrokarbon (HC) dan Karbon dioksida (CO2) penggunaan zat
aditif octane boster pada bahan bakar premium tidak dapat menurunkan emisi
gas buang HC dan CO2 justru yang terjadi pada campuran 1ml, 2ml, 3ml dan 4ml
gas buang HC meningkat dan konsentrasi gas buang CO2 menurun

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:45
Last Modified: 08 Sep 2025 06:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23580

Actions (login required)

View Item
View Item