Putra N, Ibnu Sina (2012) Hubungan Disipin Belajar dengan Hasil Belajar Sistem Rem Siswa Kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_IBNU SINA PUTRA N_85217.pdf [thumbnail of final_B1_9_IBNU SINA PUTRA N_85217.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_IBNU SINA PUTRA N_85217.pdf
Download (219kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran sistem rem siswa kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti disiplin belajar. Disiplin belajar adalah salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Disiplin belajar yang baik akan membantu proses belajar praktikum dan menentukan hasil belajar siswa. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar dan berapakah besar kekuatan hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata diklat sistem rem. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem siswa kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan yang berjumlah 30 orang. Sehingga keseluruhan populasi menjadi sampel. Data disiplin belajar diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data hasil belajar mata pelajaran sistem rem diperoleh dari nilai hasil belajar semester ganjil tahun ajaran 2011-2012. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,8972 > 0,361) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (10,739 > 1,701) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem siswa kelas XI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Besar hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar adalah sangat kuat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar, hasil belajar, sistem rem, korelasi, teknik otomotif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:11 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23574 |