Purnama, Danang Aulia (2017) Persepsi Guru Pamong tentang Penguasaan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Pengalaman Lapangan Kependidikan FT-UNP di SMK Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_DANANG_AULIA_PURNAMA_15073083_4572_2017.pdf [thumbnail of final_B1_09_DANANG_AULIA_PURNAMA_15073083_4572_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_DANANG_AULIA_PURNAMA_15073083_4572_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Seorang guru hendaknya memiliki empat kompetensi dasar yang telah tertuang dalam PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian. Namun dalam penelitian ini hanya bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru Pamong Tentang Penguasaan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Pengalaman Lapangan Kependidikan FT UNP di SMK Negeri Kota Padang. Jadi penilaian persepsi guru pamong ini berdasarkan dua kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang menjadi pamong mahasiswa pengalaman lapangan kependidikan FT UNP di SMK Negeri Kota Padang. SMK yang menjadi tempat penelitian yaitu SMK N 1 Padang, SMK N 1 Sumbar, SMK N 5 Padang, dan SMK N 8 Padang dengan total populasi sebanyak 63 guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang guru pamong dengan rinciannya yaitu 10 orang guru pamong dari SMK N 1 Padang, 13 orang guru pamong dari SMK N 5 Padang, 6 orang guru pamong dari SMK N 8 Padang, dan 9 orang guru pamong dari SMK N 1 Sumbar. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket (kuisioner), angket tersebut di validasi dengan uji coba langsung kepada guru pamong yang diluar dari sampel penelitian, dari validasi didapatkan jumlah butir yang valid yaitu 65 dari 71 butir pertanyaan. Penelitian ini juga menggunakan teknik statistik deskriptif dengan perhitungan persentase sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan Persepsi Guru Pamong Tentang Penguasaan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Pengalaman Lapangan Kependidikan FT UNP di SMK Kota Padang, pada kemampuan penguasaan Kompetensi Pedagogik masuk dalam kategori Tinggi dengan rata-rata 3,83 dan persentasenya yaitu 76,6%, sedangkan pada kemampuan penguasaan Kompetensi Kepribadian masuk dalam kategori Sangat Tinggi dengan rata-rata 4,04 dan persentasenya yaitu 80,8%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GURU PAMONG, KOMPETENSI PEDAGOGIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:39 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23548 |