Pengaruh Model Problem Solving Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global di SMP Negeri 29 Padang

Khairiyah, Yaumil (2020) Pengaruh Model Problem Solving Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global di SMP Negeri 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_YAUMIL_KHAIRIYAH_16231079_2454_2020.pdf] Text
final_B1_09_YAUMIL_KHAIRIYAH_16231079_2454_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat peserta didik kurang aktif dalam memecahkan masalah dan menemukan sebuah ide dalam pembelajaran, sehingga kompetensi peserta didik rendah baik itu dari kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang hanya mendengarkan apa yang
dijelaskan oleh guru (teacher centered). Dengan rendahnya kompetensi belajar peserta didik usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model problem solving bermuatan literasi sains. Model ini sesuai dengan tuntutan
kurikulum 2013 dimana menuntut peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran (student centered). Tujuan penelitian adalah menggambarkan pengaruh model
problem solving bermuatan literasi sains didalam pembelajaran pada materi Pemanasan Global terhadap kompetensi peserta didik di SMP Negeri 29 Padang.
Jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design. Dalam penelitian ini dikelompokkan secara random menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Padang tahun pelajaran 2019/2020
yang terdiri dari 9 kelas. Untuk pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan lembar
penilaian produk untuk kompetensi keterampilan. Untuk hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji-t.
Hasil analisis data yang didapatkan yaitu data terdistribusi normal dan homogen. Dengan menggunakan uji-t didapatkan bahwa pada kompetensi pengetahuan t hitung 3,27> t
tabel 1,68, pada kompetensi sikap t hitung 4,10> t
tabel 1,68,dan pada kompetensi keterampilan t
hitung 2,77> t tabel 1,68. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan adanya pengaruh yang berarti dalam penerapan
model problem solving bermuatan literasi sains terhadap kompetensi peserta didik
pada materi pemanasan global di SMP Negeri 29 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:31
Last Modified: 04 Sep 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23537

Actions (login required)

View Item
View Item