Penerapan Strategi The Firing Line pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit di SMAN 12 Padang

Dalimunthe, Sakiyah (2012) Penerapan Strategi The Firing Line pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit di SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_SAKIYAH DALIMUNTHE_86318.pdf] Text
final_B1_8_SAKIYAH DALIMUNTHE_86318.pdf

Download (440kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia siswa dikarenakan kurangnya aktivitas
siswa selama proses pembelajaran berlangsung sehingga berdampak terhadap
hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar
dan aktivitas siswa yaitu dengan menerapkan strategi The Firing Line. Penelitian
ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan hasil belajar siswa dengan
menerapkan strategi The Firing Line pada materi Larutan Elektrolit dan Non
Elektrolit di kelas X SMAN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control
Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMAN 12 Padang tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil dengan
menggunakan teknik Random Sampling, sehingga terpilih dua kelas yaitu kelas X2
sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian
terlihat bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata
hasil belajar kimia pada kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata pada kelas eksperimen
= 79,08 dan kelas kontrol = 74,11. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05
dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 69 diperoleh thitung sebesar 2,03 sedangkan
ttabel sebesar 1,67. Hal ini berarti thitung > ttabel , berarti Ho ditolak dan hipotesis
kerja (H1) diterima. Dari uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi
The Firing Line dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi Larutan
Elektrolit dan Non Elektrolit di kelas X SMAN 12 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI THE FIRING LINE
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:31
Last Modified: 04 Sep 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23531

Actions (login required)

View Item
View Item