Yulia Wahyuni, Lusy (2019) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Smp Negeri 2 2x11 Kayutanam Tahun Pelajaran 2018/2019. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LUSY_YULIA_WAHYUNI_15086033_715_2019 .pdf [thumbnail of B1_01_LUSY_YULIA_WAHYUNI_15086033_715_2019 .pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_01_LUSY_YULIA_WAHYUNI_15086033_715_2019 .pdf
Download (5MB)
Abstract
Pengelolaan sarana prasarana di Sekolah kurang berjalan dengan baik 
karena kurangnya kepedulian dan pengetahuan mengenai pengelolaan sarana 
prasarana yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah 
pembelajaran kurikulum 2013, kualitas dan kuantitas serta pengelolaan sarana 
prasarana PJOK di SMP Negeri 2 2x11 Kayutanam yang meliputi: 1) Kualitas dan 
kuantitas sarana prasarana; 2) Perencanaan kebutuhan sarana prasarana; 3) 
Pengadaan sarana prasarana; 4) Penggunaan sarana prasarana; 5) Pemeliharaan 
sarana prasarana; 6) Penghapusan sarana prasarana; 7) Hambatan yang dihadapi 
dalam pengelolaan sarana prasarana; dan 8) Solusi terhadap hambatan 
pengelolaan. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan 
penelitian adalah kepala sekolah, pengelola sarana prasarana, guru PJOK serta dua 
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Uji 
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data yang dianalisis dimulai 
pada tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sekolah sedang menyesuaikan diri 
dengan kurikulum 2013 sehingga pelaksanaan kurikulum 2013 perlu diadakan 
evaluasi; 2) Kualitas dan kuantitas sarana prasarana kurang baik; 2) Perencanaan 
sarana prasarana kurang berjalan dengan baik; 3) Pengadaan sarana prasarana 
dilakukan dengan pembelian; 4) Penggunaan sarana prasarana kurang berjalan 
sesuai fungsinya; 5) Pemeliharaan sarana prasarana kurang diperhatikan; 6) 
Penghapusan sarana prasarana yang telah rusak untuk beberapa tahun belakangan 
ini tidak dilakukan; 7) Hambatan yang ditemui yaitu kurangnya tenaga 
administrasi, dana, dan pengetahuan tentang pengelolaan sarana dan prasarana; 8) 
Solusinya yaitu mengadakan koordinasi dengan komite sekolah mengenai 
anggaran dana, mengoptimalkan tenaga yang ada dengan mengikutsertakan dalam 
pendidikan dan pelatihan mengenai pengelolaan sarana prasarana.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, sarana prasarana, kualitas dan kuantitas. | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) S Sport | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 | 
| Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd | 
| Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:56 | 
| Last Modified: | 20 Feb 2025 07:56 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2353 | 
 
         