Leader, Besty Area (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Pengapian Kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_BESTY_AREA_LEADER_1302761_198_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_BESTY_AREA_LEADER_1302761_198_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_BESTY_AREA_LEADER_1302761_198_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi prestasi dan keaktifan belajar siswa yang rendah, dikarenakan siswa pasif. Kondisi siswa seperti ini disebabkan ketika proses pembelajaran guru masih bersifat konvensional dengan metode ceramah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Sistem Pengapian kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal evaluasi dan lembar observasi. Soal evaluasi digunakan untuk mengetahui penguasaaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan meggunakan teknik analisis kuantitatif. Analisis keaktifan dengan menggunakan teknik persentase sedangkan analisis hasil prestasi belajar dengan menggunakan rata-rata nilai hasil evaluasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut;(1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari data siklus I persentas ekeaktifan siswa yaitu sebesar 62,5%, sedangkan siklus II yaitu sebesar 83,33% jadi peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 20,83%; (2) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Rata-rata prestasi belajar siswa siklus I sebesar 68,33dan siklus II sebesar 80,21 jadi peningkatan rata-rata prestasi belajar sebesar 11,88 %. Dengan demikian dapat disimpulkam bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI, PRESTASI BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23521 |