Geni, Tifani Adnisa (2019) Kemampuan Pemahaman Doushi bentuk Te Imasu Mahasiswa Tingkat III Tahun Masuk 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_Tifani_Adnisa_Geni_14180021_1085_2019.pdf [thumbnail of final_B1_10_Tifani_Adnisa_Geni_14180021_1085_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_Tifani_Adnisa_Geni_14180021_1085_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan mahasiswa dalam
memahami bentuk perubahan te imasu dan fungsi yang ada dalam kata kerja te
imasu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Pemahaman fungsi
doushi bentuk te Imasu mahasiswa tingkat III tahun masuk 2016 program studi
pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang secara lebih rinci sesuai
dengan komposisi yang tercakup di dalamnya. Penelitian ini dilakukan di program
studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang pada bulan November
2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III tahun
masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang
sebanyak 29 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah
diuraikan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan doushi bentuk
te imasu mahasiswa tingkat III tahun masuk 2016 dengan nilai rata-rata 80,6.
Kedua, dari ketiga indikator yang telah diujikan, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan doushi bentuk te imasu mahasiswa terkuat terdapat pada fungsi
shinkouchuu dengan nilai rata-rata 84,13. Sedangkan kemampuan doushi bentuk
te imasu mahasiswa terlemah terdapat pada fungsi shuukan dengan nilai rata-rata
72,75. Ketiga, fungsi shinkouchuu terkuat berada pada indikator kedua dengan
nilai rata-rata 93,96. Keempat, fungsi shuukan terkuat berada pada indikator
ketiga dengan nilai rata-rata 78,44. Kelima, fungsi kekkazanzon terkuat berada
pada indikator ketiga. Keenam, kemampuan doushi bentuk te imasu mahasiswa
dikategorikan baik. Meskipun begitu, kesalahan kecil yang dilakukan oleh
sebagian besar mahasiswa ialah kurang memahami konteks intransitif dan transitif
dari konteks soal.Selain itu, mahasiswa masih kurang teliti dan kurang seksama
dalam menjawab soal serta memahami kontes soal yang menyebabkan kesalahan
pada arti dan jawaban.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, pemahaman, doushi, te imasu. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:29 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23512 |