Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Memahami Dasar- dasar Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Pariaman

Ramonda, Erick (2016) Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Memahami Dasar- dasar Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ERICK_RAMONDA_956_2016.pdf] Text
B1_03_ERICK_RAMONDA_956_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persentase ketuntasan hasil
belajar siswa di SMK N 1 Pariaman kelas X TITL pada mata pelajaran (MDDE) pada
kompetensi dasar memahami konsep dasar elektronika yaitu kurang dari 50%. Salah
satu Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah model
pembelajaran. Untuk melihat peningkatan hasil belajar menggunakan model
pembelajaran tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan model
pembelajaran tutor sebaya. Model Pembelajaran tutor sebaya merupakan
pembelajaran yang dapat menekankan siswa lebih aktif dan lebih berpartisipasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar MDDE dengan
penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya di SMK N 1 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah metode penelitian quasi exsperiment (eksperimen
semu). Dengan desain One group Pretest-Posttest. Instrumen tersebut sebelum
digunakan terlebih dahulu diuji validitas maka diperoleh 25 soal pre-test dan 25 soal
post-test yang valid, reliabilitas 0,871 soal pre-test dan 0,832 soal post-test, indeks
kesukaran 26 soal kategori sedang dan 4 soal kategori mudah pada soal pre-test dan 8
soal kategori sedang, 22 soal kategori mudah pada soal post-test, daya beda dari
setiap item soal diperoleh 2 soal kategori baik sekali, 14 soal kategori baik, 10 soal
kategori cukup dan 4 soal kategori jelek pada soal pre-test dan 2 soal kategoti baik
sekali, 14 soal kategori baik, 10 soal kategori cukup dan 4 soal kategori jelek pada
soal post-test. Hasil perhitungan uji normalitas data hasil belajar siswa setelah
perlakuan didapatkan mean= 96.00 diperoleh  2 hitung= 49.11. Banyaknya data (dk) =
40 – 1 = 39, maka diperoleh  2 tabel= 54.56 dengan demikian  2 hitung<  2 tabel, ini
berarti nilai post-test hasil belajar Memahami Dasar- dasar Elektronika terdistribusi
normal.
Hasil penelitian keseluruhan setelah dihitung terlihat terjadi peningkatan hasil
belajar dengan rata-rata g = 0.89 kategori tinggi terhadap hasil belajar siswa sebelum
dan sesudah menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya. Hal ini dapat
dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Memahami Dasar- dasar
Elektronika (MDDE) di SMK Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:28
Last Modified: 04 Sep 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23509

Actions (login required)

View Item
View Item