Persepsi Pengunjung Terhadap Sarana dan Prasarana di Kawasan Daya Tarik Wisata Rumah Pohon Tabek Patah

Ananda, Vina (2020) Persepsi Pengunjung Terhadap Sarana dan Prasarana di Kawasan Daya Tarik Wisata Rumah Pohon Tabek Patah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_VINA_ANANDA_16135066_3310_2020.pdf] Text
B1_4_VINA_ANANDA_16135066_3310_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa komplain dari
pengunjung terkait sarana dan prasarana di kawasan daya tarik wisata Rumah
Pohon Tabek Patah, dimana masih adanya pengunjung yang komplain karena
tidak ditemukannya pusat Souvenir di sekitar daya tarik wisata Rumah Pohon
Tabek Patah, jalan menuju Rumah Pohon Tabek Patah masih belum bagus,
adanya pengunjung yang komplain karena toilet sangat tidak layak dan tidak ada
air bersih, adanya pengunjung yang komplain karena lokasi wisata tidak terawat
dan masih banyak sampah yang berserakan, sedikitnya atraksi wisata di daya tarik
wisata Rumah Pohon Tabek Patah.
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan metode survei.
Populasinya terdiri dari wisatawan yang pernah berkunjung ke objek/ daya tarik
wisata Rumah Pohon Tabek Patah, pengambilan sampel menggunakan teknik non
probability sampling dengan purposive sampling sebanyak 89 sampel.
Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan
skala likert sebanyak 22 pernyataan serta telah diuji validitas dan reliabilitasnya
dengan program SPSS 20.
Hasil penelitian terkait persepsi pengunjung terhadap sarana dan
prasarana di kawasan daya tarik wisata Rumah Pohon Tabek Patah ini tergolong
kategori baik (88,76%). Apabila ditinjau dari indikator variabel adalah variabel
sarana (1) Perusahaan transportasi tergolong kategori baik (84,27%), (2) Hotel
dan jenis akomodasi lainnya tergolong kategori baik (93,26%), (3) Restoran serta
rumah makan lainnya tergolong kategori baik (84,27%), (4) Objek dan daya tarik
wisata tergolong kategori baik (74,16%), variabel prasarana adalah (1) Prasarana
perhubungan tergolong kategori cukup (86,52%), (2) Listrik/ penerangan
tergolong kategori baik (93,26%), (3) Air bersih tergolong kategori cukup
(84,27%), (4) Sistem telekomunikasi tergolong kategori cukup (91,01%), (5)
Kesehatan dan keamanan tergolong kategori baik (83,15%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pengunjung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pariwisata-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:08
Last Modified: 04 Sep 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23496

Actions (login required)

View Item
View Item