Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X Program Studi Teknik Otomotif Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tarusan

Wengki, Wengki (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X Program Studi Teknik Otomotif Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_WENGKI_1302744_232_2018.pdf] Text
final_B1_09_WENGKI_1302744_232_2018.pdf

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh Pengunaan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tarusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode belajar dikusi kelompok dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode belajar biasa atau ceramah dan untuk memperbaiki cara
berfikir dan keterampilan komunikasi siswa.
Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X teknik otomotif sepeda motor semester 1 Juli-Desember 2017 SMK Negeri 1 Tarusan Tahun Pelajaran
2017/2018, yang berjumlah 59 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk objektif. Tes berjumlah 35 butir soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya, untuk menguji hipotesis menggunakan uji t kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata hasil belajar siswa
yang menggunakan model pembelajaran Metode Diskusi Kelompok sebesar 83,44 sedangkan nilai rata- rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah sebesar 75,20. Hasil uji t diperoleh t = 4,17 sedangkan tabel= 2,00247. Karena t hitung > ttabel hitung (4,17 >2,00247) sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (H0), secara keseluruhan diperoleh bahwa pada kelas eksperimen jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol
dengan persentase pengaruh 14,9 % dengan demikian ada pengaruh penerapan model pembelajaran Metode Diskusi Kelompok terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknologi Otomotif kelas X Program Studi Teknik Otomotif Sepeda Motor SMK Negeri 1 Tarusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:07
Last Modified: 04 Sep 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23490

Actions (login required)

View Item
View Item