Osman, Heki (2014) Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_HEKI_OSMAN_74212_2909_2014.pdf [thumbnail of final_B1_9_HEKI_OSMAN_74212_2909_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_HEKI_OSMAN_74212_2909_2014.pdf
Download (497kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi awal yang penulis lakukan di SMK N 1 Padang. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar– Dasar Otomotif yang merupakan dasar bagi mata pelajaran kejuruan pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya kreativitas belajar yang tidak baik. Dengan kreativitas belajar yang baik maka akan mampu mengoptimalkan kemampuan belajar siswa dan menciptakan proses belajar yang baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar– Dasar Otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Padang”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Dasar– Dasar Otomotif kelas X teknik kendaraan Ringan serta mengetahui kekuatan hubungannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK N 1 Padang yang berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 56 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data kreatitivitas belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data hasil belajar mata pelajaran Dasar- Dasar Otomotif diperoleh dari nilai ujian MID semester ganjil TA 2013-2014. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t yang kemudian dilanjutkan dengan uji determinasi sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,5788 > 0,263) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (5,1602 > 2,007) pada taraf signifikan 5% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar– Dasar Otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Padang dengan kontribusi sebesar 57,88%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas belajar, hasil belajar, dasar-dasar otomotif, korelasi, SMK Teknik Kendaraan Ringan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:04 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23465 |