Sukmawati S, Suci (2020) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEMPjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Termokimia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SUCI_SUKMAWATI_SYAFEI_15035084_438_2020.pdf [thumbnail of final_B1_7_SUCI_SUKMAWATI_SYAFEI_15035084_438_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SUCI_SUKMAWATI_SYAFEI_15035084_438_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Salah satu tujuan dari pendidikan nasional tidak hanya mengharapkanpeserta didik memiliki pengetahuan, akan tetapi juga memiliki keterampilan danpengembangan sikap yang baik. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunyadengan menerapkan pembelajaran terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology,Engineering, and Mathematics-Project Based Learning). Berdasarkankarakteristik fakta, konsep, prinsip dan prosedur materi yang dapat diterapkandengan STEM-PjBL yaitu Termokimia. Selain itu Termokimia juga menjadi salahsatu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik dan tergolong materi yangkurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD terintegrasiSTEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project BasedLearning) pada materi Termokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) denganmodel 4-D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4-Dterdiri dari empat tahapan yaitu: (1) define (Pendefenisian), (2) design(Perancangan), (3) develop (Pengembangan), dan (4) disseminate (Penyebaran).Penelitian ini dibatasi hingga uji validitas dan uji praktikalitas, denganmenggunakan instrumen validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan datayang dilakukan dengan cara penyebaran angket dan analisis data hasil penelitianmenggunakan formula kappa Cohen. Berdasarkan hasil analisis angket validitasdiperoleh nilai kappa sebesar 0,816 dengan kategori sangat tinggi dan hasil angketpraktikalitas dari respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 0,837 dan0,855 dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, LKPDterintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and MathematicsProject Based Learning) pada materi Termokimia yang dihasilkan telah valid danpraktis, sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam prosespembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kimia |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 00:51 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 00:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23418 |