Pengaruh Variasi Sentrifugal Spring dan Clutch Housing Custom Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Matic

Yolanda, Hadi (2022) Pengaruh Variasi Sentrifugal Spring dan Clutch Housing Custom Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Matic. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_HADI_YOLANDA_15073038_4475_2022.pdf] Text
final_B1_9_HADI_YOLANDA_15073038_4475_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh variasi sentifugal spring dan clutch housing custom terhadap torsi dan daya pada sepeda motor matic. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi sentrifugal spring dan clutch housing costum tehadap torsi dan daya sepeda motor matic. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada serta menguji hipotesis. Penelitian eksperimen dapat diberikan sebuah treatment atau sebuah perlakuan, maka diadakan evaluasi untuk melihat pengaruh perubahanya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan variasi spring 2,67 N/mm dan 2,45 N/mm serta clutch house standar, 4 lubang, 8 lubang, dan 12 lubang menunjukkan hasil torsi terbaik yang didapatkan pada spring 2.45 N/mm dengan menggunakan clutch house 8 lubang yaitu torsi diangka 8,1275 N.m pada rpm 6.000. Ini artinya torsi mengalami kenaikan sebesar 6,9 % dari hasil pengujian dengan menggunakan spring dan clutch house yang standar. Dan daya diangka 7,24 HP pada rpm 7.000. Ini artinya daya mengalami kenaikan sebesar 6,9 % dari hasil pengujian dengan menggunakan spring dan clutch house yang standar. Ini terjadi karena dengan spring yang lebih lunak sehingga membuat weight set clutch (kampas kopling ganda) lebih cepat merekat dengan clutch house ditambah dengan clutch house yang dilubangi sehingga membuat weight set clutch menjadi tidak mudah selip dikarenakan gaya gesekannya semakin besar dengan clutch house tersebut. Serta dengan melubangi clutch house membuat kotoran lebih cepat terbuang, sehingga dapat meminimalisir slip serta getaran yang dihasilkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Spring, Clutch Housing, Dan Sepeda Motor Matic
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Sep 2025 00:51
Last Modified: 04 Sep 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23413

Actions (login required)

View Item
View Item