Persepsi Siswa Tentang Praktek Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang

Kristianto, Gumilang Edo (2018) Persepsi Siswa Tentang Praktek Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_GUMILANG_EDO_KRISTIANTO_6283_1106960_2018.pdf] Text
final_B1_9_GUMILANG_EDO_KRISTIANTO_6283_1106960_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi adalah tanggapan, pendapat, penilaian, pandangan atau reaksi seorang terhadap suatu objek yang menjadi perhatiannya. Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki praktek menggunakan ilmu yang dipelajari dalam situasi nyata, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas non – mengajar. Dalam menjalankan tugasnya sebagai mana guru, mahasiswa PPLK juga dituntut untuk dapat menguasai kompetensi guru. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya anggapan bahwa mahasiswa PPKL masih banyak yang kurang menguasai kompetensi dasar mengajar, dan masih belum dapat melakukan unjuk kerja sebagai seorang guru, sehingga tidak dapat melakukan pengajaran dengan baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitiaan deskriptif, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang persepsi siswa tentang praktek mengajar mahasiswa PPLK dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Padang kelas XI semester Juli- Desember tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 102 siswa yang terdiri dari 3 kelas yaitu: TKR A,TKR B dan TKR C. Sedangkan sampel pada penelitian ini 50 orang siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang menggunakan skala Likert, sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang praktek mengajar mahasiswa PPLK dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang, dari empat sub variabel yaitu perencanaan pengajaran menunjukkan persepsi siswa rata-rata dalam kategori baik sekali (82.20%), pengelolaan kelas menunjukkan persepsi siswa rata-rata dalam kategori baik sekali (83.25%), metode pengajaran menunjukkan persepsi siswa rata-rata dalam kategori baik sekali (84.07%), dan evaluasi menunjukkan persepsi siswa rata-rata dalam kategori baik sekali (97,20%), Secara keseluruhan praktek mengajar mahasiswa PPLK dalam proses pembelajaran di SMK N 1 Padang menunjukan persepsi siswa rata-rata dalam kategori baik sekali (83%)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, praktek mengajar, proses pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:18
Last Modified: 03 Sep 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23402

Actions (login required)

View Item
View Item