Dwinanda, Erick (2014) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Praktik Memainkan Aransement Lagu Nusantara di Kelas VIII.6 di SMP N 3 di Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERICK_DWINANDA_12403_2674_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERICK_DWINANDA_12403_2674_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERICK_DWINANDA_12403_2674_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dilatarbelakangi
oleh
Standar
Kompetensi 12:
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. Dengan
Kompetensi Dasar 12.3 Menyajikan karya seni musik
nusantara secara perorangan dan kelompok di kelas atau di
sekolah. Tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran ini
adalah 1. siswa dapat menyajikan lagu nusatara secara
perorangan, 2 siswa dapat menyajikan karya seni music secara
berkelompok di kelas atau di sekolah lagu nusantara di
sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Dengan alokasi waktu 8 jam pelajaran dalam waktu 4
minggu. Keseluruhan siklus penelitian dilaksanakan melalui
2 siklus yaitu 4 kali pertemuan tatap muka. Instrumen
penelitian ini menggunakan lembaran observasi aktifitas
siswa.
Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini terjadi
peningkatan. Pada Siklus I pertemuan pertama dan kedua
tedapat peningkatan dari 7 9,84 menjadi 81,15 siswa sudah
mulai mengenal ketepatan nada dan tempo pada lagu ,
sedangkan pada Siklus kedua terdapat peningkatan nilai dari
81,31 menjadi 84,42 yang pada akhirnya siswa mulai
berkspresi dengan menggunakan alat music pada lagu yang
dinyanyikan. Jadi terdapat peningkatan nilai dari 79,84
menjadi 84,42
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 07:00 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23397 |