Pengaruh Penggunaan Katalisator Broquet Didalam Tangki Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Revo

Suryadi, Suryadi (2018) Pengaruh Penggunaan Katalisator Broquet Didalam Tangki Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Revo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_SURYADI_55686_505_2018.pdf] Text
final_B1_09_SURYADI_55686_505_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, perkembangan teknologi sepeda motor pun makin pesat. Walaupun teknologi sepeda motor berkembang tetapi masih banyak kendaraan sekarang
yang tetap menggunakan karburator konvensional, Seperti halnya sepeda motor merk Honda Revo Tahun 2010. konsumsi BBM boros. Meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor mempengaruhi kebutuhan bahan bakar minyak ( BBM ).
Dengan produksi bahan bakar minyak yang menurun malah berbanding terbalik dengan tingkat penggunaan atau kebutuhan bahan bakar itu sendiri. Hal yang menyebabkan konsumsi bahan bakar berlebihan dan kualiatas bahan bakar yang rendah. Telah banyak cara dan alat yang diciptakan untuk mengatasi mulai dari alat yang berfungsi sebagai penghemat bahan bakar, pengurangan emisi gas buang, dan lainya. Alat yang diciptakan tersebut salah satunya adalah Katalisator
Broquet yang dibuat oleh seorang insinyur kebangsaan Inggris bernama Patrick Henry Broquet pada tahun 1941. Alat ini berfungsi untuk memperbaiki kualitas bahan bakar. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaan Katalisator broquet terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Revo Tahun 2010.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan pada tanggal 18 Mei 2016, dengan menggunakan Sepeda motor Honda Revo Tahun 2010, untuk pengujian konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang,
dilakukan pada putaran 2000 RPM, 2500 RPM dan 3000 RPM. Pengujian dimulai dari sepeda motor tanpa menggunakan Katalis Broquet kemudian dilanjutkan ke
sepeda motor yang dipasang Katalisator Broquet.
Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa rata-rata konsumsi bahan bakar tertinggi pada sepeda motor yang tidak menggunakan Broquet maupun yang menggunakan Broquet yaitu pada RPM 3000. Konsumsi bahan bakar tersebut
yaitu sebesar 0,264 L/jam untuk sepeda motor yang tidak menggunakan Broquet dan 0,276 L/jam untuk sepeda motor yang menggunakan Broquet. Kemudian ratarata konsumsi bahan
bakar terendah untuk sepeda motor yang tidak menggunakan Broquet maupun yang menggunakan Broquet yaitu pada RPM 1500, dimana konsumsi untuk sepeda motor yang tidak menggunakan Broquet yaitu sebesar 0,148 L/jam sedangkan untuk sepeda motor yang menggunakan Broquet yaitu sebesar 0,152 L/jam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:58
Last Modified: 03 Sep 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23392

Actions (login required)

View Item
View Item