Suhendri, Suhendri (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Indiviualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_SUHENDRI_1302755_578_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_SUHENDRI_1302755_578_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_SUHENDRI_1302755_578_2018.pdf
Download (667kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomtif siswa SMK Negeri 1 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, sampel penelitian ini adalah siswa kelas X teknik kendaraan ringan
semester 1 Juli-Desember 2017 SMK Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 65 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk objektif. Tes berjumlah 40 butir soal yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya, untuk menguji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization sebesar 82,73 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan metode ceramah sebesar 75,70. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,11 sedangkan ttabel = 1,998. Karena thitung >ttabel (3,11>1,998 sehingga hipotesis
alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho), secara keseluruhan diperoleh bahwa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan persentase pengaruh 9,2 % dengan demikian ada pengaruh
penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif siswa SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23374 |