Zarrin, Suhaimi (2018) Sumbangan Beberapa Faktor Mata Kuliah Kependidikan Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_SUHAIMI_ZARRIN_1102438_103_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_SUHAIMI_ZARRIN_1102438_103_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_SUHAIMI_ZARRIN_1102438_103_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil tracer study jurusan teknik otomotif fakultas teknik universitas negeri padang. Lulusan prodi pendidikan teknik otomotif yang banyak bekerja diluar jurusannya. Untuk melihat kemungkinan
penyebabnya maka dilakukan penelitian yaitu sumbangan beberapa faktor mata kuliah kependidikan terhadap minat menjadi guru mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan atau korelasi mata kuliah kependidikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Penelitian ini menggunakan metode uji korelasi Rank Spearman karena data yang diperoleh adalah berupa data ordinal yang diperoleh dari angket dengan jenis
skala Likert. Uji koefisien korelasi ini dimaksudkan untuk menguji hubungan dari dua variabel yang diteliti, untuk mengetahui hubungan antara variabel X (mata kuliah kependidikan) dan variabel Y (minat mahasiswa menjadi guru). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang tahun masuk 2012, 2013, dan 2014, yang telah lulus
mata kuliah kependidikan. Teknik dalam penentuan sampel menggunakan metode stratifikasi random sampling sehingga sampelnya berjumlah 43 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebanyak 31 butir
pernyataan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,737 dengan taraf signifikansi untuk hipotesis umum sebesar 0,000 pada tingkat taraf
kepercayaan 0,05 atau 95% adapun tingkat kriteria pengujian jika taraf signifikansi < α, maka H 0 ditolak dan H
a diterima, jika taraf signifikansi > α, maka H
0 diterima dan H a ditolak. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < α (0,05) maka hipotesis kerja Ha diterima. Artinya terdapat hungan yang signifikan antara sumbangan beberapa faktor mata kuliah kependidikan terhadap minat menjadi guru. Hubungan ini ditunjukkan dengan
nilai korelasi sebesar 0.737 yang termasuk dalam kategori kuat (0,60-0,799).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23370 |