Mardia, Isra (2016) Pengaruh Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ISRA_MARDIA_12012514419_2016.pdf [thumbnail of B1_01_ISRA_MARDIA_12012514419_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ISRA_MARDIA_12012514419_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah. Tetapi pada kenyataannya tujuan pembelajaran matematika ini belum sepenuhnya tercapai di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Padang Panjang. Hal ini disebabkan karena peserta didik belum terlatih mengerjakan soal nonrutin secara sistematis. Hal ini menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik rendah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah pendekatan pemecahan masalah yang memuat empat langkah penyelesaian masalah yaitu menyelesaikan masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang dikerjakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan membandingkannya dengan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data menggunakan uji-U pada taraf nyata 0,05 diperoleh kesimpulan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pemecahan masalah lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah berpengaruh pada kemampuan pemecahan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 1 Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:56 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2337 |