Lingga, Vera I (2013) The Word Orders of Sentential Construction Possessed by Deaf Child and Normal Hearing Child: A Preliminary Study of Deaf Child and Normal Hearing Child at Eleven Years Old. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_VERA_I_LINGGA_01660_3341_2013.pdf [thumbnail of B1_4_VERA_I_LINGGA_01660_3341_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_VERA_I_LINGGA_01660_3341_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk susunan kata dalam
kalimat yang diujarkan oleh anak tunarungu dan anak berpendengaran normal dalam
bentuk deklaratif, interrogatif, dan imperatif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana susunan kata dalam kalimat mereka berbeda dan
kemampuan menggunakan kalimat yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Masalah
yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana susunan kata dalam kalimat
deklaratif, interrogative, dan imperative yang dihasilkan oleh anak tunarungu dan
anak berpendengaran normal.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam
penelitian ini merupakan data lisan dalam bahasa Indonesia yang diperoleh dari
seorang anak tunarungu dan seorang anak berpendengaran normal yang berusia
sebelas tahun. Data tersebut peroleh melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik
observasi dilakukan dengan mengamati percakapan anak tunarungu dan anak
berpendengaran normal dengan orang-orang di sekitarnya, sementara teknik
wawancara yaitu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dengan tujuan untuk
memancing subjek khususnya anak tunarungu manghasilkan data yang dibutuhkan
peneliti. Semua percakapan dan ujaran yang mereka hasilkan kemudian direkam
menggunakan sebuah alat perekam. Setelah semua data terkumpul, data tersebut
diklasifikasikan berdasarkan jenis kalimat dan susunan katanya di analisa.
Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa anak tunarungu maupun anak
berpendengaran normal pada usia sebelas tahun telah mampu membuat kalimat
dalam bentuk deklaratif, interrogatif, dan imperatif. Kalimat yang mereka hasilkan
mempunyai susunan kata yang standar maupun tidak standar dalam bahasa
Indonesia, tetapi kemampuan keduanya dalam membuat kalimat berbeda. Kalimat
yang dihasilkan anak tunarungu cenderung mempunyai susunan kata yang tidak
standar dalam bahasa Indonesia khususnya dalam kalimat deklaratif. Berbeda dengan
anak tunarungu, bentuk susunan kata dalam kalimat anak berpendengaran normal
pada umumnya standar. Hal ini membuktikan bahwa terganggunya pendengaran anak tunarungu berpengaruh pada kemampuan berbahasa mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Word Orders |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23344 |