Rahmi, Sridefa (2022) Efektivitas E-modul Titrasi Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SRIDEFA_RAHMI_18035080_4099_2022.pdf [thumbnail of final_B1_7_SRIDEFA_RAHMI_18035080_4099_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SRIDEFA_RAHMI_18035080_4099_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan diSMAN 7 Padang diperoleh sebanyak 68,6 % peserta didik menyatakan bahwamateri titrasi asam basa sulit dipahami dan pada penelitian sebelumnya telahtersedia e-modul titrasi asam basa berbasis guided discovery learning yang telahvalid, praktis dan efektif pada skala kecil. Oleh karena itu, pada penelitian inidilanjutkan dengan uji efektivitas e-modul pada skala besar. Adapun tujuan daripenelitian ini untuk menganalisis efektivitas e-modul titrasi asam basa berbasisguided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 7Padang.Jenis penelitian pada penelitian ini menggunakan metode eksperimensemu dengan rancangan Randomized Control Group Pretest Posttest Desain.Populasi terdiri dari siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Padang dan pengambilansampel dilakukan secara purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumenpenelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihanganda berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang telah diperolehdianalisis dengan menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh hasil bahwa nilairata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan ngain kelas eksperimen 0,74 pada kategori tinggi dan kelas kontrol 0,62 padakategori sedang. Data yang diperoleh terdistribusi normal dan homogen dan ujihipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-test diperoleh hasilsig.(2-tailed) < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapatdisimpulkan bahwa bahwa e-modul titrasi asam basa berbasis guided discoverylearning efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 7Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-MODUL TITRASI, ASAM BASA, GUIDED DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23341 |