Pengaruh Penggunaan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Rumah Tangga di SMP.

Wahyuni, Sri (2013) Pengaruh Penggunaan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Rumah Tangga di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SRI_WAHYUNI_02006_1784_2013.pdf] Text
final_B1_7_SRI_WAHYUNI_02006_1784_2013.pdf

Download (561kB)

Abstract

Telah dilakukan suatu penelitian dengan tujuan mengungkapkan pengaruhpenggunaan modul terhadap hasil belajar siswa pada materi kimia runah tangga diSMP. Dalam proses pembelajaran kimia, siswa diharapkan dapat membaca danmemahami konsep serta berpartisipasi dalam melakukan aktivitas belajar.Kenyataannya, hanya sebagian kecil siswa yang mau berpartisipasi selama prosespembelajaran. Salah satu alternatif metode yang dapat digunakan dalam pembelajarankimia di SMP adalah penggunaan modul. Modul yang digunakan mengacu padapembelajaran konstruktivisme yang mengutamakan keaktifan siswa dalammembangun pengetahuan dalam dirinya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasipenelitian adalah siswa kelas VIII yang terdaftar dalam semester III tahun ajaran2012/2013. Melalui teknik random sampling, terpilihlah dua kelas sebagai sampeldari enam kelas yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakaninstrumen tes objektif sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwakelas yang menggunakan modul memiliki rata-rata nilai (80,47) yang lebih tinggidibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metoda ceramah(73,13). Sedangkan dari hasil uji-t menunjukkan bahwa pada taraf nyata 0,05 hargathitung = 3,35 dan harga ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel maka hipotesis penelitianditerima, yaitu pembelajaran menggunakan modul dapat meningkatkan hasil belajarsiswa secara signifikan di kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KIMIA RUMAH TANGGA, HASIL BELAJAR, MoDUL KIMIA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:27
Last Modified: 02 Sep 2025 07:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23327

Actions (login required)

View Item
View Item