Fikkar, Rizki Rahmat (2016) Perancangan Visual Branding Sipadeh Herbaldrink. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_RIZKI_RAHMAT_FIKKAR_1101192_3924_2016.pdf [thumbnail of final_B1_8_RIZKI_RAHMAT_FIKKAR_1101192_3924_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_RIZKI_RAHMAT_FIKKAR_1101192_3924_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Sipadeh Herbaldrink adalah sebuah merek usaha industri rumah tangga yang
bergerak dibidang produksi minuman herbal. Semenjak didirikan pada tahun 2008,
usaha ini tidak banyak dikenali oleh masyarakat. Usaha ini masih menggunakan
nama generik sebagai merek, serta penggunaan identitas visual juga masih belum
konsisten. Hal ini menyebabkan citra visual yang disampaikan kepada target
audience tidak terbentuk dengan utuh sehingga berdampak pada lemahnya
pemasaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan
kegiatan visual branding. Perancangan visual branding Sipadeh Herbaldrink
bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan menanamkan positioning yang
diinginkan terhadap target audience. Perancangan visual branding ini juga
diharapkan dapat membantu dalam membangun ekuitas merek, sehingga Sipadeh
Herbaldrink dapat mejadi merek yang sustainability (berkelanjutan) dan mampu
bertahan di pasaran.
Metode analisis yang dipilih dalam perancangan visual branding Sipadeh
Herbaldrink ini adalah SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threat). Metode
ini digunakan dengan tujuan untuk mengevaluasi data. Data yang terkumpul dari
kekuatan dan peluang digunakan untuk mengoptimalkan kemungkinan resiko yang
akan terjadi dari data kelemahan dan ancaman terhadap merek Sipadeh Herbaldrink.
Hasil perancangan Visual Branding Sipadeh Herbaldrink ini berupa corporate
identity, didalamnya termasuk logo, penggunaan warna, huruf, dan elemen grafis
yang telah ditetapkan standar penggunaanya. Penetapan tersebut dijadikan sebagai
patokan program dan strategi visual untuk kegiatan operasional perusahaan.
Tampilan visual pada logo terdapat kata “sipadeh" dimana huruf “d” terbentuk dari
susunan icon bentuk gelas, daun, dan asap yang menyatu sehingga membetuk huruf
“d”. Perancangan visual branding ini dilandasi teori yang relevan dengan produk
yang akan dipasarkan. Perancangan visual branding ini didukung dengan media
utama berupa buku panduan merek Sipadeh Herbaldrink, serta sebagai media
pendukung meliputi kemasan, leaflet, poster, x-banner, tote bag, stiker, kalender,
cangkir, gantungan kunci, dan social media pages.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VISUAL BRANDING |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Disain Komunikasi Visual-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 05:21 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 05:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23317 |