Nuraini, UltriAsih (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik SMAN 1 Painan pada Materi Protista. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ULTRI_ASIH_NUR’AINI_18031087_741_2022.pdf [thumbnail of B1_4_ULTRI_ASIH_NUR’AINI_18031087_741_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ULTRI_ASIH_NUR’AINI_18031087_741_2022.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik memahami
materi pembelajaran biologi khususnya pada materi protista. Penyebabnya adalah
materi yang sifatnya abstrak, dan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan peranannya yang sulit dipahami.
Model pembelajaran yang di terapkan di SMAN 1 Painan kebanyakan belum
menerapkan model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Peserta didik
membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga
mudah dalam memahami materi pembelajaran. Discovery learning adalah satu
model pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik memahami materi
pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian
tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kompetensi
belajar peserta didik SMAN 1 Painan pada materi protista. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap
kompetensi belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dalam penelitian ini
menggunakan dua kelas. Kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran
discovery learning dan kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran
konvensional. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive
sampling, berdasarkan pertimbangan rata-rata nilai ulangan harian yang hampir
sama. Instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda sebanayak 30 soal.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kompetensi
belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol yaitu dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,43) dan kelas
kontrol (74,87). Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test dan
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kompetensi belajar peserta didik SMAN 1 Painan pada materi protista
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23277 |