Nasution, Siti Khodijah (2013) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Active Learning Tipe ICM dengan College Ball pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SITI_KHADIJAH_NASUTION_77544_1537_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_SITI_KHADIJAH_NASUTION_77544_1537_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SITI_KHADIJAH_NASUTION_77544_1537_2013.pdf
Download (856kB)
Abstract
Reaksi Oksidasi Reduksi merupakan salah satu materi pelajaran kimia dikelas X SMA/MA. Untuk memahami materi ini siswa dituntut banyakmengerjakan latihan dan soal-soal. Salah satu strategi yang dapat mengaktifkansiswa dalam memahami materi adalah Strategi Active Learning. Penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan perbandingan hasil belajar kimia denganmenggunakan strategi Active Learning Tipe ICM dengan College Ball. Penelitianini penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized controlgroup only yang diperluas. Populasi siswa kelas X SMAN 12 Padang tahun ajaran2010/2011 terdiri dari sembilan kelas, karena hasil normalitas dan homogenitassambil dipilih dengan teknik random sampling , sehingga terpilih kelas X3eksperimen I dan kelas X4 eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan bahwarata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen I (74,22) dan kelas eksperimen II nilairata-rata (72,44). Setelah dilakukan uji-t' pada α= 0,05 didapatkan t'hitung = 1,29dan ttabel = 1,68, t'hitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapatperbedaan hasil secara signifikan belajar pada materi Oksidasi Reduksi kelas X,artinya hipotesis ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, REAKSI OKSIDASI REDUKSI, STRATEGI PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:59 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23272 |