Ermawati, Ermawati (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Randai melalui Strategi Cooperative Learning di SMA Negeri 1 Koto Baru Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ERNAWATI_14023066_5183_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ERNAWATI_14023066_5183_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ERNAWATI_14023066_5183_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan
menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan instrumen
pokok adalah peneliti sendiri.
Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi dan tes
hasil belajar. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa
dalam kerja kelompok, sedangkan hasil tes belajar digunakan untuk mengetahui
hasil belajar randai siswa setelah selesai pembelajaran.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan.
Dan setiap pertemuan terakhir pada tiap siklus diadakan penilaian.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata strategi pembelajaran
Cooperative Learning ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran randai siswa
kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Koto Baru Dharmasraya. Hal ini dapat dilihat dari
meningkatnya nilai siswa dari siklus I ke siklus II. Yaitu siklus I nilai rata-rata
kelasnya 75,9, yang belum tuntas sebanyak 12 orang atau 42,8% dan 16 orang
siswa atau 57,2% tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat
menjadi 83,6 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:58 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23265 |