Hubungan Antara Penerapan Metode Talaqqi dengan Minat Belajar Pada Program Tahsin Tilawah di Masjid Raya Pasir Baru

Ulfi, Ulfi (2022) Hubungan Antara Penerapan Metode Talaqqi dengan Minat Belajar Pada Program Tahsin Tilawah di Masjid Raya Pasir Baru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ULFI_17005045_796_2022.pdf] Text
B1_4_ULFI_17005045_796_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik
pada program tahsin tilawah di Masjid Raya Pasir Baru. Hal ini diduga karena ada
kaitannya dengan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik tahsin tilawah di Masjid Raya
Korong Pasir Baru berjumlah dan pengambilan sampel dengan menggunakan
rumus random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rank
spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi dikategorikan masih
rendah, minat belajar peserta didik dikategorikan rendah dan terdapat hubungan
yang signifikan antara metode pembelajaran Alquran dengan minat belajar peserta
didik pada program tahsin tilawah di Masjid Raya Pasir Baru. Diharapkan kepada
guru untuk lebih memperhatikan penggunaan metode pembelajaran karena hal ini
berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Semakin bagus metode
pembelajaran yang digunakan maka minat belajar peserta didik semakin tinggi.
Dan sebaliknya metode pembelajaran yang kurang bagus akan berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Talaqqi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:40
Last Modified: 01 Sep 2025 06:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item
View Item