Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam.

Beltris, Sismi (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SISMI_BELTRIS_54981_4975_2014.pdf] Text
final_B1_7_SISMI_BELTRIS_54981_4975_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Materi hidrolisis garam mengandung fakta, prinsip, dan konsep. Pada materiini siswa dituntut untuk mampu memahami konsep jenis garam yang terhidrolisiskemudian diaplikasikan dalam perhitungan. Hal ini dirasa sulit oleh sebagiansiswa dalam mempelajarinya sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajarsiswa. Rendahnya hasil belajar siswa juga diakibatkan oleh proses pembelajaranyang lebih terpusat pada guru yang menyebabkan pemahaman siswa menjadirendah, sehingga siswa tidak mampu mengaitkan antara materi yang telahdipelajarinya dengan materi yang akan dipelajarinya. Salah satu cara yang dapatdigunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapanmodel pembelajaran quantum learning. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran quantum learningterhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 15Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanganpenelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitianini adalah semua siswa kelas XI IPA yang terdaftar pada semester II tahun ajaran2013/2014 di SMA Negeri 15 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknikcluster sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dankelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata tesakhir kelas eksperimen adalah 85.71 dan kelas kontrol adalah 79.88. Di siniterlihat bahwa kelas eksperimen mempunyai rata-rata nilai yang lebih tinggidibanding kelas kontrol. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkanbahwa harga t berada di luar daerah penerimaan H0. Hal ini berarti hipotesis H1atau hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapatpeningkatan yang signifikan dari hasil belajar kimia siswa dengan menerapkanmodel pembelajaran quantum learning pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, QUANTUM LEARNING, HASIL BELAJAR, HIDROLISIS GARAM
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:59
Last Modified: 01 Sep 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item
View Item