Utama, Sandra Kiyoga (2018) Pengaruh Variasi Coil Standard Dan Coil Racing Suzuki Satria Fu 150 Tahun 2012 Terhadap Torsi Dan Daya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_SANDRA_KIYOGA_UTAMA_1302745_254_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_SANDRA_KIYOGA_UTAMA_1302745_254_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_SANDRA_KIYOGA_UTAMA_1302745_254_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dibidang transportasi berdampak pada peningkatan minat masyarakat untuk mendapatkan unjuk kerja terbaik pada kendaraannya khususnya pada sepeda motor. Peningkatan unjuk kerja
tersebut dapat terwujud melalui proses modifikasi. Modifikasi menjadi kebutuhan bagi sebagian orang untuk menambah kepuasan mereka terhadap spesifikasi
kendaraan standard pabrikan yang mereka miliki. Dalam dunia otomotif untuk meningkatkan unjuk kerja sepeda motor bisa dilakukan dengan mengaplikasikan dari sistem pengapian dengan menambah komponen pada sistem dengan perlakuan variasi coil. Perlakuan variasi coil dengan harapan dapat meningkatkan performa mesin, oleh karena itu variasi coil mampu menghasilkan unjuk kerja mesin melebihi kemampuan
standard mesin itu sendiri. Variasi coil berfungsi sebagai penambah teganggan coil untuk pengapian busi dengan cara penambahan atau pergantian coil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi coil
standard dan coil racing terhadap torsi dan daya.Pengujian dilakukan pada motor Suzuki Satria Fu 150 tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan di Draco Motor Pekanbaru Riau dengan
menggunakan alat dyno test, untuk pengujian daya dan torsi. Pengambilan data
dilakukan sebanyak 3 kali pada setiap sampel. Pengujian dimulai dari sepeda motor
tanpa menggunakan variasi coil atau coil standard kemudian dilanjutkan dengan
menggunakan tambahan variasi coil.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka didapatkan rata-rata
daya dan torsi tanpa perlakuan dan dengan perlakuan menggunakan tambahan variasi
coil. Daya rata-rata tanpa menggunakan perlakuan pada putaran mesin RPM 9000
sebesar 14,60 HP, sedangkan daya rata-rata menggunakan variasi coil racing pada
putaran mesin 9000 RPM sebesar 14,63 HP, daya rata-rata meningkat sebesar 0,03
HP (0,205%). Torsi rata-rata tanpa menggunakan perlakuan pada putaran mesin 7500
RPM sebesar 11,89 N.m sedangkan torsi rata-rata menggunakan coil racing pada
putaran mesin 7500 RPM sebesar 12,43 N.m, dengan demikian torsi rata-rata
meningkat sebesar 0,61 N.m (4,54%).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:59 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23252 |