Putra, Ryan Kurnia (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Transmisi Kelas XI TKR Di SMK N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RYAN_KURNIA_PUTRA_3081_1102451_2016.pdf [thumbnail of final_B1_09_RYAN_KURNIA_PUTRA_3081_1102451_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RYAN_KURNIA_PUTRA_3081_1102451_2016.pdf
Download (421kB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sistem Transmisi di SMKN 1 Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Sistem Transmisi kelas
XI TKR semester genap SMKN 1 Pariaman Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat quasi experiment design. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas
kontrol adalah XI TKR 2 menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen adalah XI TKR 1 menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.Teknik pengumpulan data dari post-test, kemudian dianalisis untuk uji
homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 78,03, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,02. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> tyaitu (5,336 >
1,697), karena thitung besar dari t tabel, maka hipotesis nihil (H0tabel ) ditolak dan hipotesis alternatif (H
) diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:58 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23245 |