Tridola, Ruci (2014) Pengaruh Penggunaan Bioetanol dari Singkong Sebagai Campuran Bahan Bakar Premium Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Vario Tecno 110 CC. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RUCI_ TRIDOLA_13854_274_2014.pdf [thumbnail of final_B1_09_RUCI_ TRIDOLA_13854_274_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RUCI_ TRIDOLA_13854_274_2014.pdf
Download (980kB)
Abstract
Harga bensin premium telah dinaikkan secara signifikan baru-baru ini, dan
masih akan ditingkatkan hingga mencapai harga keekonomiannya pada tahun
depan. Fenomena ini menunjukan bahwa bahan bakar alternatif produksi dalam
negeri yang bisa mensubstitusi paling sedikit sebagian dari premium sudah sangat
perlu dikembangkan. Bioetanol merupakan salah satu bahan bakar terbarukan
yang potensial untuk keperluan saat ini, karena dapat dicampur dengan bensin
(premium) menjadi gasohol dengan konsentrasi campuran yaitu E5,E10 dan E15.
Tujuan penelitian ini untuk melihat persentase penurunan kadar emisi gas buang
ketika bahan bakar premium ditambahkan bioetanol dari singkong pada sepeda
motor Honda Vario Tecno 110 CC.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Yang
berlansung pada tanggal 28 November 2013, dengan menggunakan Sepeda motor
Honda Vario Tecno 110 CC tahun 2010, untuk pengujian emisi gas buang
dilakukan pada putaran mesin 1700 rpm, 1900 rpm, 2100 rpm, 2300 rpm dan
2500 rpm. Adapun sampel bahan bakar yang digunakan yaitu premium, premium
ditambah 50 ml, 100 ml, dan 150 ml bioetanol. Pengambilan data penelitian ini
dilakuakan dua kali pada tiap-tiap sampel.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan bahan bakar premium
ditambah 50 ml atau E5 bioetanol dapat menurunkan emisi gas buang karbon
monoksida (CO) sebesar 0.36 point atau sebesar 60%, namum pada campuran
E10 dan E15 emisi gas karbon monoksida (CO) semakin menurun. Untuk emisi
gas buang Hidrokarbon (HC) dan Karbon dioksida (CO
) juga mengalami
penurunan emisi, yakni untuk emisi gas Hidrokarbon (HC) pada campuran 22.6 point atau sebesar 22.7% pada campuran E5. Dan untuk Karbon dioksida (CO2)0. 85 point atau sebesar 10.8%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:58 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23244 |