Fatria R:, Roni (2016) Pengarug Penggunaan Pegas Spiral Kopling dan Pegas Diafragma Kopling Terhadap Daya Pada Roda Penggerak Sepeda Motor Honda Absolute Revo 110 Tahun 2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_RONI_FATRIA_R_16581_1341_2016.pdf [thumbnail of final_B1_09_RONI_FATRIA_R_16581_1341_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_RONI_FATRIA_R_16581_1341_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan pegas spiral kopling dan pegas diafragma kopling tehadap daya pada roda penggerak yang dihasilkan oleh sepeda motor Honda Absolute Revo 110 tahun keluaran 2010.Tujuan dari penelitian ini yaitu mengungkapkan pengaruh penggunaan pegas
spiral kopling terhadap besarnya daya yang dihasilkan pada roda penggerak sepada motor Honda Absolute Revo 110, yang mana pegas standar bawaan kopling pada Honda Absolute Revo 110 menggunakan pegas diafragma. Penelitian ini menggunakan model eksperimen The Posttest Only Control Design, penelitian model ini memiliki dua kelompok, namun kedua kelompoknya tidak ada yang diberikan pretest, tetapi hanya satu kelompok yang diberikan treatment dan posttest. Kelompok yang diberikan treatment dalam penelitian ini
yaitu penggunaan pegas spiral kopling sedangkan tanpa perlakuan atau tanpa treatment yaitu pegas diafragma, pegas diafragma ini adalah pegas standar pada
kopling honda absolute revo 110. Setelah dilakukan pengujian daya pada kedua pegas kopling tersebut dan selanjutnya membandingkan daya pada roda penggerak yang dihasilkan oleh sepeda motor honda absolute revo dari
penggunaan pegas spiral kopling dan pegas diafragma.
Pengujian dalam penelitian ini dilakukan pada putaran 3000, 5000, 7000 RPM, pengambilan data dilakukan sebanyak 2 kali dari masing-masing putaran. Pengujian dimulai dari penggunaan pegas diafragma kopling pada kopling sepeda
motor Honda Absolute Revo 110 kemudian dilanjutkan dengan penggunaan pegas spiral kopling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan menggunakan
uji t maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pegas spiral kopling terhadap daya pada roda penggerak sepeda
motor honda absolute revo 110 pada setiap variasi putaran yang telah ditentukan.Dapat dilihat dilihat dari hasil uji t dengan nilai t 5% dibandingkan dengan nilai t hitung
tabel 2,920 pada taraf signifikan . untuk daya pada RPM 3000 nilai t 8,571≥ ttabel 2,920, pada RPM 5000 nilai t
hitung 4,285 ≥ t 2,920, pada RPM 7000 nilaithitung
5,714 ≥ t tabel tabel 2,920.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 09:56 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 09:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23241 |