Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Perbaikan Sistem Suspensi Kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Lahat

Saipullah, Saipullah (2012) Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Perbaikan Sistem Suspensi Kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Lahat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_SAIPULLAH_1209512_4186_2013.pdf] Text
final_B1_10_SAIPULLAH_1209512_4186_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan belajar di sekolah merupakan bagian dari proses pendidikan yang
bertujuan untuk membawa suatu keadaan baru yang lebih baik. Dalam proses
pembelajaran, guru sebagai pendidik diharapkan mempunyai kemahiran dalam
melaksanakan proses pembelajaran termasuk di dalamnya ada kemahiran
menyampaikan materi dan memilih pembelajaran yang tepat agar kegiatan
pembelajaran tersebut efektif dan efisien.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Upaya meningkatkan
kemandirian belajar siswa melalui metode resitasi pada perbaikan sistem suspen
si kelas XI teknik otomotif SMK negeri 1 Lahat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar melalui metode Resistasi yang
diterapkan terhadap kemandirian siswa pada pembelajaran teknik otomotif kelas
XI SMK I Lahat tahun ajaran 2012/2013,
Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan
mutu pendidikan dengan melakukan perubahan ke arah perbaikan terhadap hasil
pendidikan dan pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
teknik otomotif SMK I Lahat tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa.
Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar dan prestasi
siswa dalam pelajaran teknik otomotif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Pemberian Tugas dan Resitasi
pada perbaikan sistim suspensi kelompok lebih efektif, ini ditunjukkan dengan
ketuntasan belajar siswa yang mencapai nilai ≥ 70 (sesuai KKM SMK I Lahat )
dan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal 93%. Metode yang
yang telah digunakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI tenik
otomotif SMK I Lahat, ditunjukkan dengan angket peningkatan motivasi siswa
yang menyatakan bahwa 81% siswa setuju, bahwa siswa menjadi termotivasi
untuk mempelajari materi teknik otomotif setelah menggunakan metode
pemberian tugas dan resitasi pada perbaikan sistim suspensi yang telah digunakan,
juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI teknik otomotif SMK I
Lahat, ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar pada siklus, dari
prasiklus 46,66%, pada siklus I mencapai 63,33%, sedangkan pada siklus II
ketuntasan belajar mencapai 93,33%.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan menggunakan
metode resitasi pada perbaikan sistem suspensi tersebut dapat meningkatkan
motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran teknik otomotif

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:55
Last Modified: 29 Aug 2025 09:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item
View Item