Anggraini, Roci (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik kelas VII SMP/MTs. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_ROCI_ANGGRAINI_16231065_3660_2020.pdf [thumbnail of final_B1_09_ROCI_ANGGRAINI_16231065_3660_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_ROCI_ANGGRAINI_16231065_3660_2020.pdf
Download (822kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning yang valid materi pencemaran lingkungan untuk siswa SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap
pengembangan atau prototype dan tahap penilaian. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara, angket observasi, angket evaluasi diri, angket uji validitas dan angket evaluasi one to one. Modul divalidasi oleh 3 orang dosen FMIPA UNP. Tahap evaluasi one to one dilakukan terhadap 3 siswa SMPN 3 Koto XI Tarusan yang memiliki tingkat
kemampuan akademik berbeda. Hasil uji validitas modul diperoleh nilai rata-rata 81,95% dengan kriteria valid. Hasil evaluasi one to one menunjukkan bahwa tampilan modul menarik disertai dengan gambar dan bahasa yang mudah
dipahami. Kesimpulan yang diperoleh adalah modul memiliki kriteria valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 09:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 09:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23227 |