Pengaruh Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 05 Jaruai Kota Padang

Astuti, Elysna Dwi (2017) Pengaruh Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 05 Jaruai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ELYSNA_DWI_ASTUTI_1200436_1126_2017.pdf] Text
B1_03_ELYSNA_DWI_ASTUTI_1200436_1126_2017.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena pada pembelajaran IPS dimana
pembelajaran masih terfokus pada konsep materi, guru kurang mengaitkan materi
IPS dengan kondisi nyata serta kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran.
Hal ini menyebabkan hasil belajar IPS di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL)
berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di
SDN 05 Jaruai Kota Padang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy
experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 05 Jaruai
Kota Padang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 50 orang. Teknik yang
digunakan dalam pengambilan sampel yaitu total sampling, sehingga ditetapkan
siswa kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVb sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa Tes hasil belajar
dengan tipe pilihan ganda. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan
sumber datanya adalah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-tes.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan
perlakuan strategi CTL berbantuan video yaitu 83,5 lebih tinggi dari yang
menggunakan perlakuan konvensional yaitu 73,7. Sedangkan dari perhitungan t-tes
diperoleh t hitung adalah 3,28 dan t tabel 1,6759 pada taraf signifikan α 0,05 maka thitung >
ttabel. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar
menggunakan perlakuan CTL berbantuan video dengan hasil belajar yang
menggunakan perlakuan konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
menggunakan strategi CTL berbantuan video berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN 05 Jaruai Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:51
Last Modified: 29 Aug 2025 09:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item
View Item