Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Afrizal, Roni (2012) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_RONI AFRIZAL_00630_2012_4295.pdf] Text
final_B1_10_RONI AFRIZAL_00630_2012_4295.pdf

Download (821kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi yang penulis lakukan
saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1
Bukittinggi. Rendahnya prestasi belajar siswa kelas X jurusan teknik otomotif
SMK Negeri 1 Bukittinggi, tidak terlepas dari beberapa faktor yang
mempengaruhinya baik faktor eksternal maupun internal. Salah satu faktor
internalnya adalah pengelolaaan perasaan yang berhubungan dengan kecerdasan
emosional siswa. Kecerdasan emosional siswa adalah kemampuan siswa untuk
mengenali, mengelola, dan mengekspresikan perasaan dengan tepat, termasuk
untuk memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, serta membina
hubungan dengan orang lain. Untuk melihat hubungan dan seberapa kuat
hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa maka penulis
mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut:
“Terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas X
jurusan teknik otomotif di SMK Negeri 1 Bukittinggi”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi
belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan
teknik otomotif SMK Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah 107 orang. Sampel
dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 52 orang yang ditentukan
dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal
7 Mei 2012 sampai dengan tanggal 31 Mei 2012. Data kecerdasan emosional
diperoleh dari angket dalam bentuk skala likert sebanyak 60 item. Untuk uji
validitas butir angket menggunakan rumus product moment dimana terdapat 41
item yang valid dan 19 item yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas angket
menggunakan metode Alpha Crobach dimana tingkat reliabilitas instrumen dalam
kategori sangat kuat. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari nilai
rata-rata rapor semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Jenis analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson
Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat
diuji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian
dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel
(0,6204 > 0,279) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (5,59414
> 1,684) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional
dengan prestasi belajar siswa kelas X jurusan teknik otomotif di SMK Negeri
Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:51
Last Modified: 29 Aug 2025 09:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23214

Actions (login required)

View Item
View Item