Peran dan fungsi wali kelas dalam pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang

Petriani, Elvira (2019) Peran dan fungsi wali kelas dalam pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ELVIRA_PETRIANI_2601_15052057_2019.pdf] Text
B1_03_ELVIRA_PETRIANI_2601_15052057_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peran dan fungsi wali kelas dalam pembinaan perilaku siswa SMP Negeri 33 Padang. Mendeskripsikan kendala wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. Mendeskripsikan upaya wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah kepala sekolah SMP Negeri 33 Padang, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan wali kelas SMP Negeri 33 Padang. Data ini diperoleh melalui observasi. wawancara dan studi dokumentasi. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini pelaksanaan peran wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang yaitu wali kelas melakukan pembinaan perilaku siswa melalui mengumpulan data, fakta dan informan data siswa, pemanggilan orang tua siswa/wali dan menggelola kelas. Sedangkan pelaksanaan fungsi wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang yakitu wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa memberikan motivasi kepada siswa, menyelenggarakan administrasi kelas dan pembagian rapor setiap semester. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. kendala tersebut berasal dari dua pihak yaitu pihak siswa dan pihak wali kelas. Adapun kendala dari pihak siswa melalui perilaku siswa yang tidak memberikan surat panggilan orang tua kepada orang tuanya sehingga orang tua tersebut tidak memenuhi panggilan dari pihak sekolah dalam rangka mendiskusikan perilaku anaknya. Kendala lain yakni kurangnya kepercayaan orang tua terhadap laporan dari sekolah mengenai perilaku anaknya karena bagi orangtua tersebut perilaku anaknya tidak pernah bermasalah. Sedangkan kendala dari pihak wali kelas ialah banyaknya jam pembelajaran bagi wali kelas, wali kelas hanya sibuk dengan kehadiran dan nilai siswanya tanpa melakukan menelusuri penyebabnya secara mendalam. Upaya wali kelas dalam melakukan pembinaan pada siswanya di SMP Negeri 33 Padang yaitu melakukan pendekatan terhadap siswa serta mengkomunikasikan perilaku siswa dengan orang tuanya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: WALIKELAS, SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:51
Last Modified: 29 Aug 2025 09:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item
View Item