Pengaruh Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Work Based Learning (WBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Pada Mata Pelajaran Perbaikan Motor Otomotif (PMO) di SMK Negeri 5 Padang

Fujianto, Ronal (2013) Pengaruh Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Work Based Learning (WBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Pada Mata Pelajaran Perbaikan Motor Otomotif (PMO) di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_RONAL_ FUJIANTO_06353_949_2013.pdf] Text
final_B1_10_RONAL_ FUJIANTO_06353_949_2013.pdf

Download (923kB)

Abstract

Kualitas suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan.
Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas
sumber daya manusia dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia dalam
mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh
karena itu, pembaharuan sistem pendidikan harus selalu dilakukan untuk
meningkatkan mutu pendidikan nasional. Berbagai usaha telah dilakukan demi
pembaharuan sistem pendidikan nasional. Tujuannya agar sistem pendidikan itu
lebih terarah dan relevan dengan perkembangan zaman. Menurut UU RI No. 20/
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional jenis dari pendidikan menengah salah
satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang bertujuan untuk
menyiapkan tenaga tingkat menengah yang memiliki pengetahuan dan
keterampilan serta sikap sesuai dengan spesialisasi kejuruannya. Sebagai
pendidikan untuk dunia kerja, pendidikan kejuruan dihadapkan pada isu utama
yaitu relevansinya dengan kebutuhan stakeholders. Relevansi pendidikan kejuruan
sangat erat kaitannya dengan kecocokan/matching diantara program-program
yang diselenggarakan di sekolah, kebutuhan kompetensi kerja di DU-DI,
kebutuhan pengembangan diri masyarakat pengguna pendidikan kejuruan (orang
tua peserta didik dan peserta didik), kebutuhan pengembangan ekonomi daerah
atau kawasan, termasuk kebutuhan sosial, budaya, dan politik. Salah satu usaha
yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tentang relevansi pendidikan
kejuruan adalah dengan memperbaharui proses pembelajaran. Tinggi rendahnya
hasil belajar pada suatu mata pelajaran mencerminkan kualitas proses
pembelajaran khususnya dan kualitas pendidikan secara umumnya. Salah satu
usaha memperbaharui proses pembelajaran terutama yang ditujukan untuk
meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran dengan meningkatkan
hasil belajar siswa. Metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Pada saat ini
telah banyak di terapkan pembelajaran berbasis PAIKEM. PAIKEM dapat
didefinisikan sebagai pendekatan mengajar (approach to teaching) yang
digunakan bersama metode tertentu dan pelbagai media pengajaran yang disertai
penataan lingkungan sedemikian rupa agar proses pembelajaran menjadi aktif,

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:51
Last Modified: 29 Aug 2025 09:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23212

Actions (login required)

View Item
View Item