Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Rem Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung

Antoni, Feri (2015) Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Rem Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_FERI_ANTONI_1482_2015.pdf] Text
final_B1_9_FERI_ANTONI_1482_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rata-rata hasil belajar siswa kelas XI Program Studi Teknik Kendaraan Ringan. Dari data 36 orang siswa, sebanyak 6 orang diantaranya memiliki hasil belajar yang berada di bawah standar ketuntasan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI program studi teknik kendaraan ringan di SMK N 2 sijunjung tahun ajaran 2013/2014.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Program Studi eknik kendaraan ringan SMK N sijunjung, yang berjumlah 36 orang yang dijadikan sebagai populasi. Mengingat jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang maka semua populasi diteliti (penelitian populasi).
Variabel dalam penelitian ini ada tiga, yaitu motivasi belajar yang merupakan variabel bebas dan (X1) dan fasilitas belajar yang merupakan variabel (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas XI Program Studi teknik kendaraan ringan yang merupakan variabel terikat (Y).
Dari hasil analisis penelitian pengujian linieritas antara motivasi belajar dan hasil belajar diperoleh Dengan mengkolsultankan F hitung dengan F tabel pada taraf 5 % dan db pembilang = N - K = 10 dan db penyebut = K – 2 = 24 di dapat Ftabel (10,24) = 2,22. Karena Fhitung > F tabel yaitu : 4,09 > 2,25 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan Regresi : Y = 62,70 + 0,134 X1 adalah Linier. Dari hasil uji keberartian persamaan regresi diperoleh Dari F tabel dengan db pembilang = 1 dan db penyebut = N - 2 = 34. Pada taraf α = 5% didapat F tabel (1,34) = 4,13. Karena Fhitung > Ftabel (1,34 ; 5%) yaitu 5,29 > 4,13. maka dapat disimpulkan bahwa Koefisien Arah Persamaan Regresi Cukup Berarti atau signifikan. Sedangkan analisis pengujian linieritas antara fasilitas belajar dan hasil belajar diperoleh Dengan mengkolsultankan F hitung dengan F tabel pada taraf dan db pembilang = N - K = 10 dan db penyebut = K – 2 = 24 di dapat Ftabel (10, 24) = 2,22. Karena Fhitung > F tabel yaitu : 15,47 > 2,22 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan Regresi : Y = 57,06 + 0,180 X2 adalah Linier. Dari hasil uji keberartian persamaan regresi diperoleh Dari F tabel dengan db pembilang = 1 dan db penyebut = N - 2 = 34. Pada taraf α = 5% didapat F tabel (1,34) = 4,13. Karena Fhitung > Ftabel (1,34; 5%) yaitu 7,39 > 4,13. maka dapat disimpulkan bahwa Koefisien Arah Persamaan Regresi Cukup Berarti atau signifikan.
Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis diperoleh = 0,368. Dan dari hasil uji keberartian korelasi perhitungan tersebut, = 0.05 dan n = 36, dk = n-2 = 36 -2 sehingga diperoleh t tabel 2,042, karena t hitung t tabel ( 3,40 2,042 ) maka tolak Ho : artinya terdapat kontribusi motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Sistem Rem SMK N 2SijunjungTahun Pelajaran 2013/2014. Dan = 0,423. Dan dari hasil uji keberartian korelasi perhitungan tersebut, = 0.05 dan n = 36, dk = n-2 = 36-2 sehingga diperoleh t tabel 2,042, karena t hitung t tabel ( 4,27 2,042 ) maka tolak Ho : artinya terdapat kontribusi fasilitas belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Sistem Rem SMK N 2SijunjungTahun Pelajaran 2013/2014. Dan = 0,553. Berdasarkan perhitungan hasil uji keberartian korelasi tersebut, = 0.05 dan n = 36, dk = n-2 = 36-2 sehingga diperoleh t tabel 2,042, karena t hitung t tabel ( 7,21 2,042 ) maka tolak Ho : artinya terdapat kontribusi antara motivasi belajar dan fasilitas belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Sistem Rem SMK N 2SijunjungTahun Pelajaran 2013/2014.
Sedangkan untuk koefisien konribusi diperoleh motivasi belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) sebesar = 13,54 %, dan fasilitas belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) sebesar = 17,89 %, motivasi belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) sebesar = 30,58 %. Dari hasil pengujian signifikan diperoleh Fhitung 25,33 dan F tabel 3,29, berarti Fhitung > Ftabel (25,33 > 3,29) maka tolak Ho dan terima Ha artinya terdapat kontribusi antara motivasi belajar dan fasilitas belajar yang signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Sistem Rem SMK N 2 SijunjungTahun Pelajaran 2013/2014.
Jadi dapat disimpulkan bahwa mtivasi belajar (X1) dan fasilias belajar (X2) bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 30,58 % terhadap hasil belajar (Y) sistem rem kelas XI teknik kendaraan ringan SMK N 2 sijunjung dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, fasilitas belajar, hasil belajar siswa, penelitian korelasional, Teknik Kendaraan Ringan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif-D3
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:51
Last Modified: 29 Aug 2025 09:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23210

Actions (login required)

View Item
View Item