Febriansyah, Febriansyah (2014) Pengaruh Penggantian Main jet pada Karburator Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_FEBRIANSYAH_1108132_376_2014.pdf [thumbnail of final_B1_9_FEBRIANSYAH_1108132_376_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_FEBRIANSYAH_1108132_376_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Spesifikasi rasio kompresi kendaraan saat ini menuntut penggunaan bahan bakar yang memiliki angka oktan lebih tinggi. Pada kenyataannya, tidak sedikit dari pengguna sepeda motor yang seharusnya menggunakan bahan bakar yang angka oktannya tinggi seperti pertamax dan pertamax plus mengisi tangki bahan bakarnya dengan bahan bakar premium. Selain harganya relatif mahal, juga ketersediaan bahan bakar pertamax dan pertamax plus di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) masih terbatas dan tidak semua SPBU yang menyediakannya. Salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan bahan bakar dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin adalah dengan cara mengganti salah satu komponen yang ada pada karburator yaitu main jet. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggantian Main jet tersebut terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang Karbon Monoksida (CO) serta Hidrokarbon (HC).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan dari penggantian main jet terhadap konsumsi bahan bakar dan kandungan gas CO serta HC yang dihasilkan. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa kadar CO, HC yang dihasilkan, dan waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan 1 cc bahan bakar. Data hasil penelitian dianalisa secara analisis deskriptif yaitu mengamati langsung hasil eksperimen, seterusnya menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang paling baik dalam bentuk tabel dan grafik.
Dari hasil pengujian menunjukkan penggantian main jet dengan ukuran lebih kecil dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Dimana konsumsi bahan bakar yang paling rendah terjadi pada putaran 1500 rpm dengan jumlah konsumsi bahan bakar sebesar 0,29316 kg/jam. Sedangkan, persentase penurunan kadar emisi gas CO tertinggiyaitu sebesar 3,18% dari main jet 115 di putaran 2300 rpm, dan kadar kandungan emisi gas HC yang paling rendah ada pada main jet 100 di putaran 2300 rpm yaitu 182,3 ppm
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Main jet, Konsumsi bahan bakar, dan Emisi gas buang. |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 09:50 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 09:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23203 |