Studi Literatur : Pengaruh Guided Discovery Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA

Ramadhani, Puja (2020) Studi Literatur : Pengaruh Guided Discovery Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_PUJA_RAMADHANI_16231052_2453_2020.pdf] Text
final_B1_09_PUJA_RAMADHANI_16231052_2453_2020.pdf

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penelitian mengenai pengaruh guided discovery (GD) kaitannya dengan kompetensi belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Berdasarkan
pada artikel penelitian yang diperoleh bahwa rendahnya kompetensi peserta didik dapat diupayakan dengan menerapkan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran
Guided Discovery merupakan salah satu model pembelajaran interkatif yang mendorong peserta didik menjadi pusat dalam proses pembelajaran. Model Guided Discovery Learning mampu mendorong keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, karena model pembelajaran ini menuntut peserta didik untuk
berperan aktif dalam menemukan sendiri pengetahuannya dengan adanya bimbingan dari guru. Tujuan penelitian ini untuk melihat keefektifan pengaruh Guided Discovery terhadap kompetensi belajar peserta didik dalam pembelajaran
IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto dengan analisis data secara deskriptif. Sampel dari penelitian adalah beberapa artikel yang membahs mengenai Pengaruh Guided Discovery terhadap kompetensi belajar peserta didik
dalam Pembelajaran IPA. Artikel yang digunakan oleh peneliti terdiri dari artikel yang telah memiliki URL dan artikel yang berasal dari jurnal bereputasi dengan tingkatan minimal Q3. Berdasarkan hasil penelusuran artikel didapatkan artikel yang dianalisis oleh peneliti terdiri dari 8 artikel bereputasi di scimago, 3 artikel terakreditasi sinta, dan 3 artikel yang memiliki URL. Hasil analisis artikel yang dilakukan didapatkan bahwasanya pengaruh guided discovery memberikan efek yang positif terhadap kompetensi peserta didik dalam pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:05
Last Modified: 29 Aug 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23192

Actions (login required)

View Item
View Item