Pengembangan Game Edukasi „Weismann‟ berbasis Google Sites Konsep Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan Kelas 9

Annisa, Nurul (2021) Pengembangan Game Edukasi „Weismann‟ berbasis Google Sites Konsep Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan Kelas 9. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_NURUL_ANNISA_17231056_2195_2021.pdf] Text
final_B1_09_NURUL_ANNISA_17231056_2195_2021.pdf

Download (918kB)

Abstract

Peserta didik mengaku bahwa selama ini kegiatan evaluasi cenderung menimbulkan perasaan tegang dan gugup, selain itu model evaluasi yang tidak pernah berubah dari waktu ke waktu juga menimbulkan kemalasan peserta didik untuk mengerjakan evaluasi. Hal ini berimbas pada banyaknya peserta didik yang
tidak mengerjakan evaluasi pada Bab Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan kelas 9 serta juga berdampak pada rendahnya nilai rata-rata evaluasi pada Bab tersebut. Game digital diharapkan dapat menimbulkan suasana yang
menyenangkan dan mengurangi ketegangan peserta didik selama proses evaluasi pembelajaran IPA. Suasana belajar yang menyenangkan dirancang agar menimbulkan emosi positif dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sebuah produk game edukasi yang valid dan praktis sebagai alternatif evaluasi pada konsep Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan Kelas 9. Game ini diberi nama “Weismann” yang diambil dari nama
ilmuwan pencetus teori Plasma Nutfah, August Friedrich Leopold Weismann. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian Research and Development.Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari 3
tahapan, yaitu: preliminary research, prototyping stage, dan assesment phase.Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis konsep, sedangkan tahap
prototyping stage melibatkan evaluasi formatif yang terdiri atas self evaluation,expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket wawancara, angket validasi ahli, dan angket penilaian produk oleh pengguna. Sumber data berasal dari hasil wawancara bersama guru IPA dan peserta didik, hasil penilaian produk oleh expert, serta penilaian penggunaan game oleh guru dan peserta didik Sekolah Menengah
Pertama. Berdasarkan penelitian ini dapat dinyatakan dua hasil. Pertama, penilaian ahli terhadap game edukasi “Weismann” yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai 91,2. Kedua, penilaian guru dan peserta didik terhadap game edukasi “Weismann” berada pada kategori sangat praktis dengan nilai masing-masing 95,9 dan 83,9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Weismann” berbasis Google Sites Konsep
Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas 9 valid dan praktis digunakan sebagai media evaluasi dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:44
Last Modified: 29 Aug 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item
View Item