Pengaruh Medan Magnet Pada Saluran Bahan Bakar Terhadap Daya dan Torsi Sepeda Motor Empat Langkah

Rubil, Rubil (2018) Pengaruh Medan Magnet Pada Saluran Bahan Bakar Terhadap Daya dan Torsi Sepeda Motor Empat Langkah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_RUBIL_1302723_3196_2018.pdf] Text
final_B1_09_RUBIL_1302723_3196_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahan bakar harus dapat terbakar keseluruhan di dalam ruang bakar
untuk menghasilkan unjuk kerja mesin yang maksimum. Meskipun sepeda motor
injeksi volume penyemprotan bahan bakarnya dikontrol secara elektronis atau
lebih dikenal dengan sebutan EFI. Dalam upayanya untuk meningkatkan unjuk
kerja maksimum sepeda motor empat langkah dilakukan dengan berbagai cara
salah satunya adalah dengan memberikan perlakuan pada saluran bahan bakar
yaitu dengan memasang magnet pada saluran bahan bakar tersebut. Karena proses
pembakaran di dalam silinder dipengaruhi oleh beberapa faktor, temperatur,
kerapatan campuran, komposisi, dan turbolensi. Apabila komposisi campuran
udara dan bahan bakar lebih homogen, maka semakin mudah campuran udara dan
bahan bakar tersebut terbakar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen untuk
mengungkap pengaruh medan magnet pada saluran bahan bakar terhadap torsi dan
daya sepeda motor empat langkah Honda Vario Techno 125cc PGM-FI dengan
menggunakan alat Dynotest untuk mengetahui torsi dan daya yang dihasilkan.
Pengujian ini dilakukan sebanyak 3 kali disetiap keadaan. Kemudian dirataratakan
dan
dibandingkan
untuk
mengetahui
pengaruh pemasangan medan magnet
pada saluran bahan bakar terhadap daya dantorsi sepeda motor empat langkah.
Dari data hasil penelitian, diperoleh bahwa pemasangan medan magnet
pada saluran bahan bakar berpengaruh terhadap daya dantorsi. Persentasi
kenaikan Torsi tertinggi pada putaran 5000 Rpm jika dibandingkan dengan
standar adalah ketika magnet dipasangkan di saluran bahan bakar dekat tangki
yaitu sebesar 2,69%.Persentasi kenaikan daya tertinggi pada putaran 8500 Rpm
jika dibandingkan dengan keadaan standar adalah ketika magnet dipasang di
saluran bahan dekat tangki dan di saluran bahan bakar di tengah (saluran antara
dari tangki ke injektor) yaitu sebesar 3,69 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:58
Last Modified: 01 Sep 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23163

Actions (login required)

View Item
View Item