Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang Pada Profesi Guru

Aprianto, Anggi (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Univesitas Negeri Padang Pada Profesi Guru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_ANGGI_APRIANTO_14073023_5924_2016.pdf] Text
final_B1_09_ANGGI_APRIANTO_14073023_5924_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kekuatan hubungan antara persepsi mahasiswa dengan minat profesi guru 2) hubungan lingkungan keluarga dengan minat profesi guru 3) hubungan keaktifan organisasi dengan profesi guru 4) hubungan prestasi belajar dengan minat pada profesi guru 5) hubungan persepsi mahasiswa, lingkungan keluarga, keaktifan organisasi, prestasi belajar secara bersama-sama dengan minat pada profesi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan data dianalisis menggunakan teknik statistik analisis deskriptif, teknik korelasi parsial digunakan untuk menentukan kekuatan hubungan antara faktor faktor sebagai variabel indikator dengan minat pada profesi guru sebagai variabel laten. Dari populasi 425 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif diambil sampel penelitian berdasarkan rumus Slovin dan Proportional Random Sampling dengan sampel 81 orang mahasiswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) tidak terdapat hubungan persepsi mahasiswa dengan profesi guru 2) terdapat hubungan yang signifikan lingkungan keluarga dengan minat pada profesi guru 3) tidak terdapat hubungan keaktifan organisasi dengan minat pada profesi guru 4) tidak terdapat hubungan prestasi belajar dengan minat pada profesi guru 5) terdapat hubungan persepsi, lingkungan keluarga, keaktifan organisasi, dan prestasi belajar secara bersama-sama dengan minat pada profesi guru. Jika seseorang mempunyai persepsi yang positif tentang suatu profesi maka hal itu akan mempengaruhi minatnya pada profesi tersebut, prestasi belajar tidak menjamin tinggi minatnya untuk menjadi guru. Saran terkait penelitian ini untuk lembaga mengadakan tes minat masuk pada perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT PROFESI GURU, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI, KORELASI PARSIAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:39
Last Modified: 29 Aug 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23121

Actions (login required)

View Item
View Item