Tanggapan Warga Belajar Terhadap Pelaksanaan Program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Mesjid Al-Furqan Koto Panjang Kota Solok

Ananda, Febri (2017) Tanggapan Warga Belajar Terhadap Pelaksanaan Program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Mesjid Al-Furqan Koto Panjang Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_FEBRI_ANANDA_1204716_603_2017.pdf] Text
B1_04_FEBRI_ANANDA_1204716_603_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kehadiran warga belajar dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Pada saat pelaksanaan program MABIT warga belajar hadir dalam proses kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan (1) materi belajar (2) metode belajar dan (3) penggunaan waktu belajar.
Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Populasinya seluruh warga belajar program MABIT yang berjumlah tiga puluh orang, sampel tiga puluh orang diambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Alat pengumpul data menggunakan lembaran daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan tanggapan warga belajar terhadap pelaksanaan pembelajaran yaitu (a) pelaksanaan pembelajaran program MABIT terhadap materi belajar dikategorikan sangat baik, (b) pelaksanaan pembelajaran program MABIT terhadap metode belajar dikategorikan sangat baik, (c) pelaksanaan pembelajaran program MABIT terhadap penggunaan waktu belajar dikategorikan sangat baik. Saran dalam penelitian ini adalah kepada pengurus dan sumber belajar program MABIT dapat mempertahankan sistem pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik sehingga bisa menjadi contoh bagi program MABIT lainya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:47
Last Modified: 27 Aug 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22957

Actions (login required)

View Item
View Item