Pengaruh Pemanfaatan Jeda Strategis Menggunakan Karikatur Humor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Mekanik Otomotif Pada Pelajaran Teori di SMK Negeri 2 Solok

Athuri, Muhamad (2011) Pengaruh Pemanfaatan Jeda Strategis Menggunakan Karikatur Humor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Mekanik Otomotif Pada Pelajaran Teori di SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_MUHAMMAD_YUSUF_43340_2011.pdf] Text
final_B1_10_MUHAMMAD_YUSUF_43340_2011.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang sering ditemukan dalam
pembelajaran terutama pada pelajaran teori di SMK adalah munculnya kejenuhan atau
kebosanan, dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar kurang
optimal. Kondisi tersebut diperparah dengan persepsi siswa yang menganggap bahwa
pelajaran praktik lebih penting dari pada pelajaran teori, padahal pelajaran praktik dan
teori adalah satu kesatuan yang saling melengkapi. Selain itu, strategi yang diterapkan
guru dalam mengajar cenderung monoton, kurang menarik dan membosankan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengungkapkan (1). Apakah terdapat pengaruh jeda strategis dengan
karikatur humor terhadap hasil belajar, (2). Apakah jeda strategis dengan karikatur humor
dapat menciptakan pembelajaran menyenangkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan quase eksperimen untuk melihat
perbandingan hasil belajar yang menggunakan jeda strategis dengan karikatur humor dan
tanpa jeda strategis. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian mekanik
otomotif SMKN 2 Kota Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2008/20009 dan teknik
penentuan sampel adalah purposive sampling dengan dua kelas sampel yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI MO3 yang menggunakan jeda strategis dengan
karikatur humor adalah sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MO2 tanpa
menggunakan jeda strategis sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanak 40 butir
saol. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata
Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar siswa menggunakan jeda
strategis dengan karikatur humor memiliki nilai rata-rata (64.832) yang lebih tinggi jika
dibandingkan siswa tanpa jeda strategis (55.156).sedangkan dari perhitungan uji t adalah
3.66. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada
taraf signifikansi 0.5%. Selain itu, analisis lembar observasi tentang reaksi siswa pada
saat pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen siswa tertawa (89.1%), tersenyum
(86.8%), bertanya (39.3%), dan diam saja (1.81%). Pada kelas kontrol siswa tertawa
(4.11%), tersenyum (5.97%), bertanya (2.31%), dan diam saja (83.54%). Jadi dapat
disimpulkan bahwa jeda strategis dengan karikatur humor selain dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dan juga dapat menciptakan pembelajaran menyenangkan di kelas

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jeda Strategis, Karikatur Humor, Menyenangkan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:46
Last Modified: 27 Aug 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item
View Item